Contoh-Contoh Gelombang Elektromagnetik

Contoh-Contoh Gelombang Elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik adalah suatu bentuk energi, umumnya dihasilkan oleh elektron-elektron yang bergetaran. Gelombang elektromagnetik dipancarkan oleh benda alam, seperti matahari. Ada juga yang dapat dihasilkan oleh alat buatan manusia, misalnya gelombang radio. Yang membedakan gelombang-gelombang elektromagnetik adalah panjang gelombangnya. Gelombang elektromagnetik ini memiliki spektrum yang amat lebar dari ? = 108 m sampai ? = 10-17 m.

Contoh gelombang elektormagnetik pada kehidupan sehari-hari antara lain : gelombang radio, gelombang TV, gelombang mikro, Sinar inframerah, gelombang cahaya, sinar ultraviolet, sinar X dan sinar gamma.



Gelombang mikro adalah gelombang radio yang mempunyai panjang gelombang terpendek. Pancaran gelombang mikro yang diteruskan oleh satelit, digunakan untuk menyalurkan percakapan telepon atau gambar televisi ke pelbagai penjuru dunia. Gelombang mikro juga dapat menghasilkan panas.

Sinar-X dan sinar gamma mempunyai panjang gelombang terpendek diantara semua gelombang elektromagnetik. Gelombang-gelombang ini mempunyai daya tembus besar, baik melalui tubuh manusia maupun benda-benda pejal seperti timah hitam. Sinar-X digunakan untuk membuat foto rontgen.

Sumber:
repository.usu.ac.id

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts